Wednesday 7 December 2011

Manfaat Jamur Tiram

Kenapa aku senang sekali sama jenis tanaman ini ya? Bukan senang karena tiap hari makan, tapi senang karena aku ingin menggali banyak hal dari tanaman ini. Tanaman yang lagi lumayan happening sekarang memang punya banyak manfaat. Manfaat untukku sendiri adalah dapat mendatangkan uang karena aku memang pernah dan masih ingin mempunyai usaha di bidang ini. Sebelum aku beberkan manfaat dari jamur tiram, cerita sedikit dulu ya kenapa aku senang dengan tanaman ini.

Jamur tiram mempunyai banyak makna untukku, yang pertama adalah awal mula aku mencoba usaha secara profesional adalah jualan jamur kriuuk, yang kedua adalah gara-gara jamur tiram aku berhasil membuat sekolahku menang lomba LKS SMK bidang pemasaran tingkat kabupaten Indramayu, dan yang ketiga adalah aku akan mencoba untuk terus meraih peruntungan dengan berjualan aneka olahan jamur tiram, saat ini ada dua yaitu jamur goreng tepung dan abon jamur tiram. Yang baca artikel ini harus nyobain 2 produk tadi dan harus beli!! Hehe...
Oke lah, langsung saja aku kasih tahu manfaat dari jamur tiram ini. Cekidot!
1. Yang pertama adalah manfaat dari segi kesehatan, ternyata si jamur ini dapat menjadi sumber protein alternatif karena mengandung 9 asam amino esensial. Bila dibandingkan dengan bahan makanan lain, kadar protein jamur tiram masih lebih tinggi (jamur mengandung 19-35 %, beras 7,3 %, gandum 13,2 %, dan susu sapi 25,2 %). Tuh, baru tahu kan?
2. Yang kedua gan.... Jamur tiram dapat dijadikan sebagai suplemen bagi para pelaku diet. Hal ini karena jamur tiram mengandung serat berupa lignoselulosa yang baik bagi perncernaan.
3. Selain sebagai sumber protein alternatif, jamur tiram juga bisa dijadikan sebagai makanan alternatif yang baik bagi para vegetarian dan penderita kolesterol tinggi. Kandungan gizi jamur tiram setara dengan kandungan gizi pada daging, tapi jamur tidak mengandung kolesterol jahat.
4. Kandungan senyawa pluran dalam jamur tiram dipercaya berkhasiat sebagai anti tumor dan antioksidan.
5. Kandungan gizi jamur tiram adalah sbb : protein, serat, lemak, karbohidrat, kalori, zat besi, kalsium, vit B1, vit B2, vit C, dan fosfor.
6. Kalau yang ini adalah manfaat ekonomisnya gan... Jaman sekarang sedang booming-boomingnya makanan sehat, jadi jika agan dan aganwati ingin buka usaha di bidang kuliner atau budidaya, peluang usaha jamur tiram ini bisa dilirik kayaknya. Halah... saingan sama aku nih. Gapapa, berbagi info berarti aku dapet banyak pahala. Hehe...
7. Terakhir, manfaat yang otomatis langsung kerasa adalah bisa menyembuhkan penyakit lapar. Entah itu masak sendiri, beli, atau minta sama tetangga, tinggal jadiin lauk nasi kita akan merasakan manfaat jamur tiram langsung. Hahaha....
Sekian informasi dari saya, manfaatkan artikel ini untuk kehidupan kalian dan jangan salah jamur, jangan sampai jamur kulit yang kalian manfaatkan. Hehe... (jadi ingat Digital Clip Cherrybell di The Hits TransTV).
Salam sehat...
Sumber : buku Usaha Jamur Tiram Skala Rumah Tangga (Syammahfuhz Chazali dan Putri Sekar Pratiwi)


No comments:

Post a Comment