Saturday 29 July 2017

Berhasil! 10 Hari Diet

Berhasil! 10 Hari Diet

Kalau seseorang mendengar kata diet pasti mereka langsung berpikir bahwa diet adalah sesuatu yang menyiksa, sesuatu yang bakal bikin kurus, tapi tidak banyak dari mereka yang berpikir bahwa diet itu erat hubungannya dengan kata sehat.

Pun saat saya bilang bahwa saya sedang diet, pasti komentarnya mereka sama,

“Ngapain sih?”
“Badan udah kurus begitu diet-diet segala!”
“Ah kebanyakan gaya lu!”
Dan lain-lain.

Okelah, saya bisa mengerti mengapa mereka bereaksi begitu karena sebelumnya saya juga seperti itu kalau tahu ada seseorang yang badannya kurus tapi bilang bahwa dia sedang diet. Royal nemen! Haha..

Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang diet saya hehe… dan diet yang saya jalani itu diet yang sangat menyenangkan.

Mau tahu? Yuk cuss lanjut baca.


Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa di dunia ini (yaiyalah masa di akherat?) ada beberapa macam jenis diet, ada diet karbo, diet GM, diet mayo, diet OCD, diet 5:2, diet Dukan, diet food combining, dan lain sebagainya.

Dannn untuk saya, saya pernah menjalani OCD selama beberapa bulan tapi saya lupa efeknya gimana karena saya tidak punya masalah dengan berat badan, woiii BB kamu cuma 39,3 kg ngapain diet-dietan???! Haha..

Dan… sekarang saya sedang menjalani jenis diet yang menyenangkan, lebih menyenangkan dari OCD (maaf Om Dedy hii..) yaitu diet food combining atau disingkat FC diet.
www.aryanto.id

Menurut Wikipedia, Food combining (FC) adalah istilah untuk pendekatan gizi yang menganjurkan kombinasi spesifik makanan sebagai pusat kesehatan yang baik (seperti tidak mencampur makanan kaya karbohidrat dan makanan kaya protein dalam makanan yang sama).
Pola makan yang berasal dari bangsa Esseni (di palestina 2000 tahun silam) ini sering dipandang sekadar untuk keperluan menurunkan berat badan. Sebenarnya urusan berat badan cuma satu turunan saja dari food combining yang sejatinya adalah untuk mencapai tubuh yang sehat. Begitu tubuh sehat, maka tubuh akan mencari berat badannya yang ideal.
Food combining mengupayakan homeostatis, kondisi ideal tubuh di mana seluruh fungsi berjalan sempurna. Salah satu indikatornya adalah tercapainya keseimbangan antara nilai asam dan basa tubuh atau kondisi pH netral (7,35-7,45). Keseimbangan ini penting sebab kondisi tubuh yang cenderung asam merupakan awal rusaknya tubuh dan datangnya berbagai penyakit.
Konsep food combining mengacu pada fakta bahwa setiap kelompok makanan memiliki waktu cerna dan serap yang berbeda-beda. Jus dicerna selama 15-20 menit, buah segar dicerna selama 30-40 menit, sayuran selama 30-40 menit, karbohidrat 90 menit, kacang-kacangan 2,5 hingga 3 jam, sedangkan protein hewani dicerna dari 30 menit (telur) hingga 3-4 jam (sapi).
Setiap kelompok makanan yang akan dicerna memerlukan enzim cerna yang berbeda-beda. Beberapa kelompok makanan memerlukan zat asam sedangkan lainnya membutuhkan zat alkali. Jika mengonsumsi makanan dalam satu kelompok, penyerapan nutrisi akan jauh lebih efektif dan tidak akan menimbulkan masalah pencernaan. Sebaliknya, ketika makanan yang tidak satu kelompok dikonsumsi bersamaan, alkali dan asam bertemu sehingga menetralisir satu sama lain dan akhirnya menghambat pencernaan. (Wikipedia)

Begitulah penjelasan singkat apa itu FC. Sekarang lanjut ke cerita pengalaman saya yah…

Berawal dari status FB ku yang mengatakan bahwa saya ingin diet karbo, dan seorang teman saya menyarankan untuk diet food combining saja, kemudian dia menjelaskan apa itu food combining.

Saya pun mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang food combining.

Akhirnyaa mantap saya putuskan tanggal 17 Juli kemarin untuk menjalankan diet ini.

Saya bukan orang kesehatan, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja tentang bagaimana saya melalui 2 minggu ini dengan diet tersebut.

Setiap pagi tanpa absen saya mengawali hari dengan memberikan hadiah kepada pencernaan saya yaitu meminum 2 gelas air putih hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis.

Loh? Apa tidak masalah untuk lambung? Kamu kan sering kena asam lambung? Begitu pertanyaan teman saya.

Begini penjelasannya gampangnya, air jeruk nipis yang saya minum itu adalah air hangat (jangan pernah memakai air dingin jika kalian menderita asam lambung)dan cara meminumnya bukan dengan langsung menenggak tapi dengan menyesap sedikit-sedikit sehingga air jeruk nipis itu bercampur dengan air liur kita dan waktu untuk meminumnya adalah saat mulut kita masih kering belum kemasukan apapun dari sejak bangun tidur. Jadi minum dulu baru sholat Subuh, key?

Air jeruk nipis yang asam akan berubah menjadi basa saat masuk ke dalam lambung jadi tidak masalah asal kita meminumnya dengan cara yang benar.

Air hangat mengaktifkan beragam enzym dalam tubuh sekaligus bantu bersihkan lendir sisa metabolisme di sepanjang sistem cerna.

Pemberian perasan lemon/jeruk nipis selain memberikan sifat basa pada air yang masuk tersebut, juga memperkuat daya bersih lendir pada air. Sekaligus memberikan tonik bagi liver. Organ ini bekerja ekstra keras saat tidur. Pagi hari tonik menjadi ‘hadiah’ baginya.

Kemudian saya sarapan buah saja sekenyangnya. Saya pilih pisang karena pisang gampang sekali memakannya, gak perlu kupas dan potong, tinggal lep saja hehe.. dan rasanya pun enak, tau kan kalau saya hanya suka buah yang rasanya manis? Terutama buah mangga lalijiwo.

Sampai jam 12 saya hanya makan buah, saya biasa makan 4-5 buah pisang, kadang juga dikombinasikan dengan buah lain.

Kemudian jam 12 teng saya makan siang dengan menu nasi, protein nabati, sayuran, dan sayuran mentah. Sayuran mentah harus ada dalam menu makan saya.

Kalau sore saya lapar, saya biasanya membuat jus, jus apa saja seadanya buah dan sayur di kulkas hehe…  atau ngemil buah segar dan makan rujak buah.

Sedangkan untuk makan malam, saya biasa makan jam setengah 7 malam. Menunya sama dengan makan siang tapi sesekali saya makan protein hewani dengan sayur tanpa nasi. 

Saya batasi makan protein hewani seminggu maksima 2 kali karena saya sedang menyembuhkan masalah muka mahal saya juga :p

Intinya jangan mencampur karbohidrat (pati) dengan protein hewani, gampangannya begitu deh. Maaf kalau kurang benar alias rada salah hehe…

foodcombiningindonesia.co.id

Begitu terus saya jalani pola makan itu setiap hari.

Tapi… masa saya tidak bisa makan seblak, bakso, Indomie, mie ayam, ayam geprek dengan nasi hangat, dan makanan junkfood lain? Bisa kok… Hah?? Iya bisa, karena kita hanya perlu menjalankan FC selama 5 hari dalam seminggu, dan weekend saya pilih sebagai waktu bebas atau disebut waktu cheating saya.

Tapi kalau kita sudah sadar akan hidup sehat, pasti akan feeling guilty jika memakan makanan junkfood, yakin deh.

Terus apa manfaat yang saya rasakan selama menjalankan FC?
Ada 3 manfaat nyata yang saya rasakan, ini jelas no tipu-tipu (udah kayak olshop aja).

Pertama adalah saya jadi lancar buang air besar, kalau kalian baca tulisan saya sebelumnya pasti tahu kan kalau saya pernah menjalani operasi ambeien?

Sebelumya obat pencahar tidak lepas dari kotak obat saya, hampir setiap hari saya minum pencahar dari yang mahal sampai yang duaribumaratusan :D

Kedua adalah saya jadi tidak insomnia, jam 9 sudah terasa ngantuk coba, seorang Tyas yang seperti kalong dan selalu merasa jam 11 malam itu masih sore sekarang jam 9 malam sudah ngantuk? Hebat!

Ketiga, saya paling senang nih, yaitu kulit saya jadi jauh lebih halusss, suwerrr… Orang-orang  yang saya ceritakan tentang perubahan kulit saya pasti tidak percaya, tapi ini kulit saya yang setiap saat saya sentuh, seumur hidup saya baru pernah merasakan kulit selicin sekarang.

Saya tidak tahu pasti karena apa, apakah karena buah yang selalu saya konsumsi dan air putih yang saya minum rutin minimal 1,5 liter perhari, atau memang karena diet ini, i don’t know exactly.

Wah…. Masa iyasih? Iya tuh.

Kalau ada pertanyaan apakah diet FC dapat menurunkan berat badan, pastinya bisa lah ya, secara pola makan kita jadi lebih teratur. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian klik saja foodcombiningindonesia.co.id

Disitu akan dijelaskan panjang lebar apa itu FC, bagaimana menjalankannya, sampai resep-resep makanan sehat pun ada.
Tertarik untuk mengikuti langkah saya? Sungguh kesehatan adalah nomor 1 dalam hidup. Dan diet ini sangat mudah dijalankan sumpah. Enak, mudah,nih sambil saya nulis saya elus-elus terus kaki licin saya haha…. Jangan jijik ya :D

Begitulah cerita saya sebagai seorang pemula food combiningers yang ternyata memberikan beragam manfaat nyata bagi tubuh saya.

Terimakasih sudah membaca, tetap jaga kesehatan yah. Salam sehat!



Baca juga :




7 comments:

  1. Program menurunkan berat badannya patut dicoba nih.

    ReplyDelete
  2. terimakasih kak atas ilmunya...
    BTW jangan lupa buat mampir ke website kampus saya
    ISB Atma Luhur

    perkenalkan nama saya muhammad rinaldy

    ReplyDelete
  3. thanks for your sharing
    https://dtwodietsehat.com/

    ReplyDelete
  4. Ayo kunjungi website kami pohon4d untuk mendapatkan video hot setiap harinya

    ReplyDelete
  5. Nice blog..
    Numpang promo ya gan..
    Buat Anda yang sedang butuh Madu Sumbawa Bima untuk dikonsumsi maupun untuk dijual kembali.
    Agen Madu Sumbawa
    Jual Madu Asli Sumbawa Bima
    Jual Madu Sumbawa Bima
    Agen Madu Sumbawa Asli Bima
    Agen Madu Sumbawa Bima

    ReplyDelete
  6. Halooo... Thank you for the information. Very informative and useful. Don't forget to click on the following website walisongo.ac.id

    ReplyDelete
  7. Thank you for nice information. Please visit our web:

    Ghozi
    Daftar Kuliah

    ReplyDelete