Tuesday 11 July 2017

WISATA Rp 2.000

Wisata 2 ribu rupiah

Sudah adakah diantara kalian yang mengunjungi tempat-tempat disini?

Kalau sudah, mari kita menuju ke bagian timur kabupaten Tegal dimana disitu terdapat 2 kecamatan yang memiliki pesona alam yang sangat menyenangkan. Yak, tempat itu adalah kecamatan Bumijawa dan kecamatan Bojong.

Kali ini akan saya ceritakan salah satu wisata di kecamatan Bumijawa. `

Musim liburan masih berlangsung, sebagian besar menghabiskan waktu di dalam rumah membuat saya memaksa untuk melakukan perjalanan wisata. Tidak usah jauh-jauh karena anggota keluarga lain sudah mulai berangkat bekerja kecuali aku dan adikku yang masih sekolah.

Akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi salah dua tempat wisata dan ternyata kedua tempat tersebut bisa saya sebut wisata 2 ribu rupiah. Murah banget kan??

Tempat itu adalah ..... :


Sindang Kemadu Bumijawa Kab. Tegal

Wisata pertama yang saya datangi dikenal dengan nama Sindang Kemadu atau orang sering menyebutnya Sikedu.

Tempat ini menyuguhkan wisata air dan berbagai macam pernak-perniknya. Terdiri dari sebuah sendang atau kolam alami dimana airnya sangat segar karena berasal dari sumber mata air pegunungan.

Kenapa saya sebut wisata 2 ribu? Karena tiket masuk per-orang nya adalah 2 ribu rupiah saja! Dan parkir mobil hanya 2 ribu rupiah juga. Saat kami membayar, saya membatin, murah sekali....

Walaupun murah, tempat ini rekomen kok jika kalian bosan ke Guci tapi tidak bisa melakukan perjalanan melelahkan menuju curug atau air terjun yang lumayan banyak di daerah ini dan jika kalian tidak bisa menuju bukit-bukit yang terkenal karena foto-fotonya karena lokasi yang sulit dijangkau.

Wisata ini cocok untuk kalian datangi bersama keluarga, sama teman rame-rame, sama pasangan juga hehe...

Fasilitas yang bisa kalian nikmati diantaranya adalah :


·       menikmati segarnya air sendang dengan bermain-main di pinggiran sendang, kalau kalian bisa berenang silahkan berenang karena saat saya kesitu ada beberapa orang yang berenang.
·         Memancing di pemancingan umum
·         Bermain bebek air (harga sewanya Rp 15.000 per-bebek)
·         Bermain panahan (biayanya Rp 5.000 selama 10 menit)
·         Duduk-duduk santai di gazebo
·         Menikmati hidangan di rumah makan
·         Menikmati berbagai makanan di warung-warung
·         Terdapat cafe dan karaoke
·         Berjalan-jalan menikmati deretan pepohonan tinggi
·         Dan berfoto-foto sampai bosan hehe...







Gak ngerti kenapa mereka pada jongkok, katanya lebih steady tapi ternyata hoax haa..




Bagus bukan?

Saat kami mengobrol dengan bapak penjaga bebek air, dia bilang kalau tempat ini milik perseorangan, milik seorang mantan lurah. Tapi kurang tahu deh siapa hii...

Tempat ini tidak sulit ditemukan, dari arah Tegal, masuk di pertigaan Yamansari (Yomani) arah Guci, sampai di pertigaan Tuwel ambil jalan sebelah kanan (kalau kiri kalian akan ke Guci), lurus terus saja ikuti jalannya, kalau ada pertigaan-pertigaan, acuhkan saja seperti kalian mengacuhkan mantan :p sampai kalian temukan spanduk OW Sindang Kemadu baru kalian belok kiri mengikuti petunjuk arah.
OW Sindang Kemadu dusun Dukuhpereng, desa Muncanglarang, kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal.

Setelah kami puas bersantai ria di Sikedu, kami melanjutkan perjalanan menuju wisata lain, sempat terjadi perdebatan sengit karena ada yang ingin ke Guci, ada yang ingin ke hutan pinus, ada yang ingin ke Korea eh...

Akhirnya kami memutuskan untuk ke hutan pinus karena Guci sudah terlalu mainstream dan saya bosan sekali kesana, pastinya macet dan rame pula.

Kami menuju ke kecamatan Bojong, arahnya adalah dari Sikedu kalian ambil jalan yang menuju Guci, saat menemui pertigaan gerbang masuk Guci, ambil jalan sebelah kiri (arah Pemalang) kalau lurus kalian akan ke Guci, jalan terus saja sampai kalian temukan tempat peristirahatan asik bernama Bale Gandrung.

Ternyata tempat ini sudah bukan kabupaten Tegal lagi, melainkan sudah masuk kabupaten Pemalang. Tepatnya adalah desa Gambuhan, kecamatan Pulosari, kabupaten Pemalang.

Letaknya dekat sekali dengan kecamatan Bojong Tegal.

Kenapa tempat ini juga termasuk wisata 2 ribu rupiah? Karena kalian hanya perlu membayar parkir 2 ribu rupiah saja untuk 1 mobil!
Fasilitasnya adalah :
  • ·        Outbond (flying fox, dll) kurang tahu tiketnya berapa, mungkin Rp 10.000 (sok tahu :p)
  • ·         Menikmati jalan-jalan di hutan
  • ·         Cafe dan karaoke
  • ·         Warung-warung kecil
  • ·         Rumah-rumahan (bisa kalian gunakan untuk tidur karena ini rest area)
  • ·         Spot berfoto-foto

Sendirian aja neng? Hii





Tempat ini merupakan salah satu Badan Usaha Milik Desa kabupaten Pemalang. Wah.. harusnya Balapulang bisa memanfaatkan hutannya menjadi BUMDes juga yak, semoga.

Lumayan lah penat akan hilang selama kita menikmati hijaunya pepohonan, tiduran dengan memandang dedaunan yang saling bertautan (sok iye banget bahasanya :p).

Setelah puas menikmati hutan di Bale Gandrung, kami lanjutkan dengan pencarian rumah makan karena sudah waktunya makan siang.

Baca juga : WISATA MUSEUM DAN KULINER SOLO

Akhirnya kami putuskan untuk makan siang di rumah makan Taman Strawberry di Bojong. Kalau disini parkirnya juga 2 ribu tapi tidak dengan makanan dan minumannya hehe...

Tempatnya lumayan, ada saung-saung, ruang pertemuan, toliet yang banyak, musholla, dan kolam pemancingan. Menunya terdiri dari ikan-ikanan, ayam-ayaman, sambel-sambelan, cah-cah-an, dll :p. Rasanya enak, sayang nasinya saat itu tidak terlalu enak.

Kenyang, bahagia, dan bersyukur.

Itulah 2 tempat wisata 2 ribu rupiah yang bisa kalian datangi bersama teman dan keluarga.

Tetap jaga kebersihan ya guys... Keep healthy, keep travelling. See you...


·         Wisata Kuliner Tegal 
      Menikmati Sore di Semarang




No comments:

Post a Comment