Thursday 3 August 2017

Kumpulan Usaha Ritel Unik

Kumpulan Usaha Ritel Unik

Artikel Diferensiasi Usaha Ritel

Memiliki usaha yang sukses di jaman sekarang agaknya sangat dipengaruhi oleh kemampuan seseorang dalam menuangkan ide uniknya. Bagaimana membuat sebuah produk atau layanan yang berbeda dari pesaing, bagaimana membuat usaha nya memiliki diferensiasi dari pesaing yang akhirnya menjadikan usahanya sukses. 

Berikut ada beberapa ide usaha unik yang tentunya memiliki diferensiasi dengan pesaing, bisa kalian jadikan referensi untuk membuat produk serupa atau lebih unik lagi. 

Simak ya...


1. Usaha Jasa Foto Rumah Terbalik

Usaha jasa foto memang sudah sangat banyak, tetapi yang menjadikan unik adalah usaha ini menawarkan bentuk foto yang tidak biasa yaitu semua akan tampak terbalik. 

Usaha ini sudah ada di beberapa kota yaitu Yogyakarta, Bandung, dan Bali. 
Cr to owner (lupa dapat darimana :p)

Memanfaatkan hobi berfoto yang sekarang sudah menjadi kebutuhan untuk eksis, usaha foto rumah terbalik agaknya sangat menggiurkan untuk dicoba. Belum banyak pula yang melakoninya, jadi peluang usaha ini masih sangat terbuka.

2. Usaha Keripik Hancur

Makanan berbentuk keripik sangat digemari oleh hampir semua orang, pun banyak pula yang menjalankan bisnis keripik, tapi terpikirkah oleh kalian bahwa makan keripik yang paling enak adalah saat keripik tersebut sudah menyisakan potongan-potongan kecilnya? 

Apalagi jika keripik tersebut ditaburi bumbu, tentu akan sangat menyenangkan jika dinikmati sampai potongan terakhir.

Oleh karena anggapan itu, usaha keripik dengan konsep keripik hancur agaknya patut kalian coba. Bumbu yang kaya akan membuat rasa keripik menjadi semakin enak. 

3. Makanan yang terlampau besar atau terlampau kecil

Usaha makanan dengan porsi yang tidak normal juga merupakan jenis usaha unik yang bisa kalian coba, tentunya hal tersebut menjadikan usaha kalian menjadi beda dengan pesaing.
Nasi Goreng Jancuk Sby

Buatlah nasi goreng dengan wadah wajannya sekaligus, atau burger dengan porsi jumbo, dan sekarang yang sedang happening adalah nasi bancakan yang bisa dimakan rame-rame. 

Sebaliknya buatlah makanan dengan porsi kecil seperti pizza mini, donat mini, martabak mini, tumpeng mini dengan bentuk yang unik dan makanan-makanan mini lainnya.
Pinterest

4. Buket Buah Pengganti Bunga

Memberi buket bunga sudah terlalu mainstream yah, bagaimana kalau bunga diganti dengan buah-buahan segar? Tentunya akan memiliki manfaat lebih karena buah tersebut bisa kita makan. 
Boredpanda

Unik, kreatif, dan tentunya beda dengan pesaing. 

5. Buket Makanan Ringan Pengganti Bunga

Nah.. kalau tadi ada ide buket buah, sekarang terdapat ide buket lain yang lebih ringan yaitu usaha membuat buket dari makanan ringan. 

Siapa yang tidak akan gemas melihat makanan ringan dirangkai bak bunga dengan accesoris pelengkapnya? 
Tokopedia
snack.co.id

Usaha ini akan membuat nilai pemberian seseorang menjadi lebih menyenangkan dan mengenyangkan hehe... 

6. Usaha 3 Buah Kaos Kaki

Menjual kaos kaki sepasang (dua buah) sepertinya sudah biasa namun jika menjualnya tiga buah sekaligus tentunya luar biasa. Bisnis ini sengaja dibuat karena sering terdengar keluhan kehilangan kaos kaki di tempat laundry, tempat umum, bahkan rumah sendiri. 

Sehingga jika kehilangan satu kaos kaki kita masih punya yang sebelahnya lagi. (goukm.id)
Unik sekali yaahh? 

7. Jasa Kebersihan Panggilan/Keliling

Paling malas kan kalau harus membersihkan rumah? Duuh... bahkan banyak keluarga yang membersihkan rumah setahun sekali pas mau lebaran saja, pasti ada yang seperti itu diantara kalian kan?? Hii...
cleaningservicejakarta.co.id

Kenyataan itu bisa kalian manfaatkan dengan memberikan pelayanan membersihkan rumah secara keliling, dengan peralatan memadai dan tenaga profesional, pastinya banyak keluarga yang akan membutuhkan jasa seperti ini.

8. Jasa Setrika Keliling

Jenis jasa ini juga merupakan usaha unik yang belum banyak dijalankan orang. Jika kalian bisa memberikan servis yang oke, pastinya akan banyak pula pelanggan yang memakai jasa ini. 

9. Bisnis Menyampaikan Rasa Simpati dengan Makanan Sehat

Menyampaikan simpati dan rasa turut berduka melalui bunga sudah hal biasa. Tetapi karena bumi sudah semakin tua, sementara manusia yang tinggal di sana semakin banyak, bunga-bunga yang dirangkai sebagai ungkapan duka itu tentunya lebih bermanfaat bila dibiarkan tetap hidup demi keseimbangan alam. Toh, pada akhirnya, bunga-bunga itu hanya akan berakhir di tempat sampah.

Karena alasan inilah, David Storke, yang bekerja di rumah duka selama 27 tahun, mendirikan sympathyfood.com. Menurut David Storke, akan lebih baik bila ungkapan duka dan kepedulian terhadap orang lain diungkapkan dengan makanan rumah yang sehat dan bergizi. Selain lebih berguna, juga lebih efektif sekaligus, lebih murah. (hipwee.com)

10. Usaha Rental Drone

Sekarang bentuk foto atau video sudah semakin kreatif, kalau dulu usaha penyewaan kamera DSLR menjadi usaha menguntungkan, sekarang cobalah kalian menambah nya dengan penyewaan/rental drone

Drone atau pesawat tanpa awak kecil yang digunakan untuk mengambil gambar dari udara mungkin tidak semua oranng bisa membeli atau merasa sayang mengeluarkan uang berlebih hanya untuk mengambil foto. Melihat hal ini, banyak orang yang menangkapnya sebagai peluang usaha. (umkmjogja.com)
berwirausaha.net

Hasil yang didapat bisa sangat menguntungkan loh, rata-rata pengusaha di bidang ini mempunyai omzet 10 juta an perbulan. Lumayan bukan? 

Itulah beberapa ide bisnis yang beda dan belum banyak dijalankan orang. Tertarik mencoba? Keberanian untuk berinovasi dan kemampuan melihat peluang di sekitar kita menjadikan suatu nilai tak terhingga akan sebuah bisnis. 

Jangan lupa tetap berdoa karena ada tangan-tangan tak terlihat yang senantiasa mengiringi perjalanan bisnis seseorang.

Terimakasih sudah membaca, salam sukses! 



Baca juga :
* Memanfaatkan Waktu Luang Menjadi Uang

No comments:

Post a Comment