Friday 16 March 2018

Mau kemana setelah lulus SMK atau SMA?

Mau kemana setelah lulus SMK atau SMA?

Wuiihh sebentar lagi kalian para anak-anak SMK dan SMA akan menginjakkan kaki sebagai seorang alumni, ciee…

Rasa senang yang kalian rasa sebentar lagi akan berubah menjadi rasa cemas loh haha… Itu perasaan yang sangat wajar mengingat masa depan kalian mulai ditentukan saat kalian lulus sekolah.

Naah… pasti banyak yang bingung nih, mau kemana saya setelah lulus? Atau mau ngapain nih saya setelah lulus?

Saya sebagai guru SMK sepertinya sudah tahu jawaban dari sebagian besar siswa saya karena hampir 90% dari mereka pasti akan memilih untuk bekerja.

Di lain sisi, saya sebagai kakak seorang anak SMA yang sebentar lagi lulus juga sudah tahu akan kemana adik saya setelah lulus, jawabannya adalah kuliah.

2 opsi tadi menjadi opsi yang sangat klasik, kalau tidak kuliah ya kerja, kalau tidak dua-duanya ya nganggur, menunggu ada yang melamar hihi…

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kalian lakukan selain kuliah, kerja, dan nganggur loh. Berikut ada beberapa opsi pilihan hidup yang bisa kalian jadikan referensi berpikir. Mau tahu? Yuk lanjut baca.


1. Kuliah
okezone.com

Kan katanya kuliah sudah klasik…? Iyaa… tapi menurut saya kuliah itu sudah menjadi kebutuhan seperti halnya sekolah. 

Kemampuan berpikir anak kuliahan pasti akan jauh berkembang daripada kemampuan anak SMA/SMK, cara pandang mereka, kemampuan mengambil keputusan, bersosialisasi, dan lain sebagainya pastinya akan jauh berbeda.

Hal-hal tersebut nantinya akan menaikkan nilai diri kalian.

Ingat, jangan kalian jadikan kegiatan sekolah atau kuliah hanya untuk mendapatkan ijazah, kalau orientasi kalian hanya itu, percuma!

So… Kuliahlah kalian dengan segenap kemampuan kalian.

2. Bekerja
money.id

Pilihan klasik kedua adalah bekerja. Terlebih anak SMK, sebelum lulus juga sudah banyak yang mulai bekerja karena di sekolah mereka terdapat bursa kerja.

Pesan saya adalah, jangan mau langsung enak, gaji banyak, kerjaan ringan, suasana kerja nyaman, dan pikiran-pikiran enak lainnya. 

Bekerja itu tidak bisa langsung enak, so persiapkan mental kalian yang nantinya  harus tinggal jauh dari orang tua, cari makan sendiri, mengatur keuangan sendiri, apa-apa sendiri. Jangan sebentar-sebentar merasa tidak betah, kangen mamah, kangen papah, gemessss saya kalau ada alumni saya yang curhat begitu. Hehe…

Jadilah pribadi yang kuat, tahan banting, yakinlah kalau menjadi sukses itu tidak akan semudah membalikkan telapak tangan.

3. Menikah
Noo…. Saya tidak akan membahas ini, biar blog lain saja yang akan membahas haha…

Artinyaaa… saya tidak menyarankan untuk itu, kenapa? 

Karenaa….. Yaa nikmati me time kalian dulu lah, kalian masih muda, masih ada orang tua yang ingin anaknya berbuat sesuatu untuk mereka, dll.

4. Berwirausaha
sooperboy

Anak presiden saja jualan martabak, jualan pisang nugget, lah kita-kita siapa?

Zaman sekarang industri kreatif sangat-sangat berkembang. Jangan hanya jadi penonton, asahlah kemampuan, bakat, kreatifitas kalian menjadi sesuatu yang bisa mendatangkan rupiah bahkan dollar, yen, euro, dll hehe…

Buat kalian yang tidak terlalu mahir melakukan apapun, gampaaaang sekali untuk memulai usaha, ngapain? Jawabannya adalah  usaha online, saya rasa siapapun bisa melakukannya selama orang tersebut punya niat, betul tidak?

5. Kursus
tempatkursuskueroti.blogspot.com

Dalam rangka memperkaya kemampuan dan skill kalian, kursus menjadi pilihan jitu.

Kalian yang suka masak kursuslah memasak, selanjutnya kalian bisa buka usaha di bidang kuliner, yang suka utak atik komputer kursuslah komputer, yang suka fotografi kursuslah menjahit ehh…

Pokoknya banyaaakk sekali kursus-kursus yang bisa kalian ikuti yang nantinya akan menaikkan nilai diri kalian.

BACA JUGA : MENGGILA DI DEPAN SMANSAWI (SMAN 1 SLAWI)

6. Bekerja Mandiri

Masih erat kaitannya dengan membuka usaha tapi bekerja mandiri tidak serumit membuka usaha, artinya kalian hanya perlu memperkuat niat untuk mencari penghasilan dengan memanfaatkan kemampuan kalian.

Misalnya kalian bisa mengajar privat anak-anak SD dan SMP, yang jago berenang atau olahraga lain kalian bisa menawarkan jasa les privat, yang suka menulis kalian bisa menjadi penulis atau blogger, yang suka travelling bisa juga kok menjadi konsultan travel atau travel blogger, atau mau jadi Youtuber? 

Banyaakk pilihan bekerja mandiri yang bisa kalian jalankan.

7. Meneruskan usaha orang tua
tradenewsonline.co

Jangan malu dan gengsi jika kalian diminta untuk meneruskan usaha orang tua, banyak kok orang sukses yang awalnya meneruskan usaha orang tua mereka.

Kalian bisa belajar banyak dari orang tua kalian dan selanjutnya kalian bisa mengembangkan usaha tersebut menjadi lebih besar.
Itulah beberapa pilihan jalan hidup setelah lulus sekolah, tentunya kalian bisa mengambil salah satu, salah dua, salah tiga atau salah semuanya tergantung kemampuan, waktu, dan kesanggupan kalian.

Dan diantara ketujuh pilihan tadi, hanya pilihan ketujuh yang tidak saya lakukan. Hee..

Dari mulai kuliah, bekerja, menikah, buka usaha, kursus, bekerja mandiri semua sudah pernah saya lakukan. Hasilnyaaa sekarang saya menjadiiii…pecandu drama Korea, becandaa hehe…

Tetap produktif, tetap kreatif, jadilah pribadi yang tangguh, tidak mudah menyerah, selalu update terhadap perkembangan zaman, dan satu lagi yaitu jangan pernah jauh dari Sang Pencipta.

Selamat memilih yaa… Jangan malu untuk bertanya, rajinlah mencari informasi, dan pastikan kalian siap untuk menghadapi kehidupan nyata.

God bless you all.

Terimakasih sudah mampir baca, jangan lupa klik postingan lain yaa…




No comments:

Post a Comment