Sunday 28 January 2018

WISATA EDUKATIF TAMAN TEKNOLOGI PERTANIAN LEBAKSIU TEGAL

Namanya blogger amatir jadinya kalau mau nulis nungguin mood dulu seperti nungguin kepastian haha…

Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang tempat keren di dekat Balapulang lagi, semoga kalian jadi penasaran dimana sih sebenarnya Balapulang itu? Kok kayaknya terkenal banget? Eh… haha…

Klik disini saja lah yaa kalau mau tahu lebih banyak.

Tempat ini menjadi destinasi  wisata edukatif baru yang lokasinya sangat mudah dijangkau, letaknya di desa Durensawit kecamatan Lebaksiu kabupaten Tegal, kalian akan menemuinya jika kalian melakukan perjalanan ke Bumiayu atau Purwokerto via Tegal, pokoknya setelah pertigaan Yamansari arah mau ke Guci.

Tempat itu bernama Taman Teknologi Pertanian atau biasa disebut TTP.


Berkali-kali mengunjunginya serasa belum puas saja, karena saya sangat suka dunia pertanian walaupun tidak bisa bercocok tanam, tidak punya taman, dan tidak punya tanaman juga hahaa…

Dari pintu masuk lokasi kalian pasti akan langsung jatuh cinta karena sekarang sudah terdapat tempat berfoto kece dengan background warna warni. Melirik ke kiri, langsung kalian temui taman bunga jengger ayam yang sangat indah.


Menuju aula utama, kalian akan melihat arsitektur jawa yang kental, serasa berada di keraton hii…

Terdapat kolam dengan banyak ikan di dekat aula, lokasi ini biasanya menjadi tempat favorit untuk berfoto.
Fix belom mandi :D

Jangan lupakan tanaman bunga yang mengelilingi aula, disana banyaakk sekali kumbang-kumbang dan kupu-kupu lucu yang menghisap madu, sumpah saya suka sekali memperhatikan bagaimana proses penyerbukan itu terjadi.


Menuju taman bunga jengger ayam, silahkan kalian berfoto-foto sepuasnya, setelah itu melangkahlah terus melihat tanaman dalam pot yang sangat menggoda iman untuk dimiliki hii… disana ada tanaman cabe, kol, tomat, yang masih dalam polibag. 

BACA JUGA : SOLO TRAVELING : DARI MUSEUM SAMPAI MEMBATIK DI LAWEYAN





Ada juga tabulampot dari berbagai macam buah, dijamin kalian akan gemas melihat suburnya cabe dan tomat, bikin pengeen metik hehe… Tapi tidak boleeeh yaa… Tahan nafsu kalian :D

Melanjutkan perjalanan, silahkan kalian berjalan menuju sisi kiri dari aula, disitu ada banyak contoh vertical garden, ada tanaman merambat seperti anggur dan tanaman ini nih, saya gak tahu ini namanya apa, buahnya gedee-gedee banget menos-menos kata orang jawa mah.
IG : @atiningtyas

Ini loh tanaman apa? Saya gak tahu. 

Selanjutnya ke bagian belakang ada beberapa hewan yang dipelihara di dalam kandang.

Eiitsss jangan pikir TTP berakhir disitu, karena ada jembatan dan portal banyak yang berpikir bahwa TTP hanya sampai portal itu, masihh luaaass mbak mas pak bu…

Lari pagilah kalian disitu, pasang lagunya Clean Bandit dan Bruno Mars di kuping dijamin  bakalan asik banget halah..
Jadii setelah jembatan dan portal itu, terdapat tempat pembibitan yang cuantik, keren banget untuk berfoto, seperti ini lah contohnya.


Maap orang-orangnya kurang cantik, belon mandi haha.. 

Teruuus saja jalan kalian akan menemui deretan tanaman sayur, ada tomat, timun, terong, cabe, dll. Banyak juga ditanam rumput untuk pakan wedus  dan kerbau.





Kandang wedusnya saja kece begini gaiiss… Itu kambing bisa kalian beli loh yaa..

Disitu tidak hanya memelihara kambing tapi juga terdapat pembibitan dan penggemukan domba, pakan fermentasi, dan bio urine. (Jadi sebenarnya itu kambing apa domba yah? :D)
Entahlah apa itu hehe… kalian tanya saja sama petugas disana kalau ingin tahu lebih lanjut.

Masih jalan teruss terdapat sawah dan tanaman sayur lain, datanglah saat pagi sekalian olahraga jadi sinar matahari tidak terlalu terik.

Terakhir kalian akan menemui kandang kerbau (saya belum pernah masuk karena jalannya sudah agak rungseb kata orang Tegal)

Apakah TTP hanya menawarkan wisata seperti itu saja? Ohh tentu tidak, setiap hari Jumat rutin diadakan senam sehat dan pasar sayur loh…

Hari Minggu jam 6 pagi juga ada senam disitu.

Kalian juga bisa mengadakan outing, family gathering, wedding reception, prewedding session, karena tempat ini terbuka kok, kalian tinggal hubungi bagian pengelola saja.

Baca juga : 10 Cara Mengusir Bosan Saat Naik Kereta

Kalau kalian hanya ingin berjalan-jalan di sini, tidak ada tiket masuk kok alias gratis. 

Beberapa waktu lalu TK Aisyiyah Slawi mengadakan family gathering dengan acara menanam padi, memandikan kerbau, memberi makan kambing or domba (wathever lah haha..), dan membuat es krim jagung.

Acara tersebut diisi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) TTP, beliau-beliau bisa menyediakan makanan atau snack jika kalian ingin mengadakan acara disitu.

Oya, di TTP ada food court nya juga loh, tapi masih belum ada yang mengisi, so…yang punya jiwa wirausaha silahkan membuka usaha disitu, tempatnya oke kok, sudah siap pakai. 
Toiletnya juga lumayan bersih, ada mini mart juga. Kurang gede? Ada Indomaret di seberang TTP hahaa…

Puas menikmati TTP jangan lupa untuk selalu membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, orang endonesah mah susyaah banget karena masih sering saya temukan sampah yang dibuang sembarangan.

Begitulah tulisan saya semoga memberikan informasi bermanfaat bagi kalian pembacaku tercinta. :*

Next…. Lanjut baca postingan tentang prewedding and photo session dengan kualitas foto yang lebih oke daripada postingan ini di TTP bersama fotografer blog saya Yan Pramudinata nyang punya Instagram @dinatayann

tags : resepsi pernikahan di TTP, nikah di TTP, Family Gathering di TTP, foto-foto di TTP, TTP Lebaksiu, TTP Tegal, Taman Teknologi Pertanian Lebaksiu 


Klik juga bacaan lain ini :
ADU KEREN 2 WISATA HUTAN MANGROVE 




No comments:

Post a Comment